Sabtu, 11 Juli 2015

Soal PKN kelas 1 SD Semester 1 / Ganjil

 Soal PKN kelas 1 SD Semester 1 / Ganjil
Berilah tanda silang pada jawaban yang benar

    Di sekolah aku harus patuh kepada……………..

          a. teman                       b. guru                     c. kakak

    Aku tidak rukun di sekolah jika…………………dengan teman

          a. bercanda                  b. bertengkar            c. berbicara

    Semua siswa saling menolong. Semua siswa hidup…………………di sekolah

          a. rukun                        b. resah                    c. ketakutan

    Teman teman bertengkar. Aku sebaiknya…………….

          a. ikut ikutan                 b. mendamaikan        c. menjahui

    Temanku menangis karena diejek. Aku sebaiknya……………….

          a. menjahui                   b. ikut sedih               c. menghibur

    Guru sedang mengajar. Aku harus…………………

          a. memperhatikan         b. tidur                       c. bercanda

    Ada kerja bakti di sekolah. Aku harus……………….

          a. kabur                       b. istirahat                    c. ikut serta

    Aku harus rukun dengan………………….

          a. teman saja               b. guru saja                  c. semua orang

    Sikapku jika temanku nakal adalah………………….

          a. memusuhi                b. menasihati                c. memarahi

    Sikapku jika temanku terjatuh adalah……………..

          a. tertawa                   b. tersenyum                 c. menolong


Isilah dengan jawaban yang tepat

    Temanku tidak punya pensil. Aku punya banyak pensil. Sikapku sebaiknya………………………
    Perintah guru harus aku……………………..
    Aku ingin membaca buku milik temanku. Aku sebaiknya minta ijin kepada…………………
    Temanku minta maaf. Aku sebaiknya……………………..
    Aku perlu menjenguk teman yang sedang…………………………..
    Ibu guru melarangku mengobrol. Aku harus …………………………….perintah itu
    Temanku terluka karena jatuh. Aku sebaiknya segera………………..
    Lantai kelasku tampak kotor. Aku dan teman teman sebaiknya…………………………….
    Temanku sibuk menghapus papan tulis. Aku sebaiknya …………………..temanku
    Temanku tidak paham pelajaran. Aku telah paham. Aku sebaiknya………………….temanku